Beberapa contoh penyakit kardiovaskular

Beberapa contoh penyakit kardiovaskularSetelah sebelumnya membahas pengertian dan seputar penyakit kardiovaskular, pada kesempatan kali ini, akan dibahas beberapa contoh yang termasuk dalam penyakit kardiovaskular. Bahwa apapun itu yang mempengaruhi pada gangguan jantung dan pembuluh darah serta organ lainnya yang terlibat, maka kondisi tersebut termasuk dalam kategori penyakit kardiovaskular, lalu apa saja yang termasuk penyakit sistem kardiovaskular ? Mari di simak penjelasannya dibawah ini :

Serangan stroke : Stroke (cerebrovascular accident, CVA) merupakan suatu kondisi dari gangguan kesehatan yang terjadi karena adanya penyumbatan serta pecahnya pembuluh darah di bagian otak, sehingga bagian otak tersebut akan dapat terhenti suplai okesigennya serta dapat menjadi rusak, sehingga hal ini lah yang dapat menimbulkan kondisi serangan stroke pada seseorang. Orang-orang yang memiliki gangguan disritmia jantung, hipertensi, kolesterol tinggi, perokok, diabetes, lansia, sangat beresiko mengalami serangan stroke.

Gagal jantung kongestif : merupakan penyakit kardiovaskular yang disebabkan oleh kegagalan jantung untuk memompa darah yang cukup ke pembuluh darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh, yang berarti bahwa curah jantung rendah dan tubuh memadat karena akumulasi cairan. Kondisi ini dapat mempengaruhi satu atau kedua sisi jantung. Penumpukan cairan yang terjadi pada jantung, paru-paru, lengan dan kaki, merupakan komplikasi yang terkait dan berhubungan dengan gagal jantung. Orang yang beresiko mengalami gagal jantung kongestif antara lain orang yang memiliki penyakit hipertensi, disritmia jantung, serangan jantung, obesitas dan lain sebagainya.

Penyakit jantung bawaan : Merupakan salah satu kondisi dari gangguan penyakit sistem kardiovaskular yang disebabkan oleh kelainan pada jantung atau dalam kata lain terjadinya pembentukan struktur jantung yang tidak normal saat lahir. Hal ini terjadi bisa diakibatkan karena faktor keturunan dan bahkan faktor yang lainnya seperti penggunaan narkoba, minuman beralkohol dan merokok pada ibu hamil, serta mengalami penyakit tertentu dan bahkan ibu yang semasa hamilnya kekurangan gizi, hal-hal tersebut beresiko pada bayi lahir cacat, yang salah satunya cacat jantung.

Penyakit jantung hipertensi : merupakan suatu istilah yang digunakan untuk suatu penyakit komplikasi yang berhubungan dengan tekanan darah yang tinggi atau hipertensi. Sehingga, kondisi ini disebabkan oleh tingginya tekanan yang diberikan oleh sirkulasi darah pada dinding arteri, dan kondisi ini membuat sulit organ jantung untuk memompa darah secara efektif. Akibatnya, otot-otot pada organ jantung menjadi menebal.

Penyakit jantung inflamasi : merupakan gangguan kesehatan yang terjadi pada bagian dinding jantung, selaput jantung, dan bagian dalam pada jantung, penyebabnya yaitu dikarenakan racun serta infeksi.

Penyakit jantung rematik : Kelainan pada organ jantung yang disebabkan oleh kerusakan permanen pada katup jantung yang dikarenakan adanya penyempitan atau kebocoran. Penyakit ini timbul karena demam rematik yang diakibatkan bakteri streptococcus.

Penyakit jantung katup : Merupakan suatu kondisi dimana salah satu atau lebih katup jantung tidak bekerja secara maksimal. Dengan bermasalahnya katup jantung, maka pengendalian arah aliran darah yang merupakan tugas dari katup jantung menjadi terganggu. Hal ini disebabkan karena bawaan sejak lahir serta infeksi.

Comments are closed.