Manfaat dari pembelajaran metode homeschooling

Manfaat dari pembelajaran metode homeschoolingHomeschooling merupakan sebuah metode dari sistem pendidikan yang dilakukan dirumah dan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan anak. Meski memang cara atau metode ini merupakan suatu hal yang tidak tepat, akan tetapi metode pembelajaran homeschooling dapat memberikan manfaat bagi anak, apalagi bagi anak yang menderita ADHD. ADHD merupakan suatu kondisi yang dapat terjadi pada anak dengan ditandai gejala sulit berkonsentrasi, hipertaktip atau aktip yang belebihan dan bahkan implusif. Dan anak yang menderita kondisi ini akan semakin parah ketika memasuki usia sekolah, sehingga terkadang orangtua yang mempunyai anak dengan kondisi ADHD ini sering melakukan metode homeschooling karena memang anak akan sering kesulitan dalam mengikuti program pembelajaran yang umum, sehingg para orang tua memberikan pendidikan lewat metode homeschooling ini. Namun meski memang mempunyai kekurangan, disisi lain metode ini dapat memberikan kelebihan dan manfaat seperti dibawah ini :

Lebih tersesuaikan antara kurikulum dan kebutuhan anak : Anak yang menderita ADHD akan sering mengalami perubahan tingkat mood yang kadang naik dan bahkan turun, sehingga jika diberikan metode pembelajaran formal akan sangat menyulitkan mereka. Sehingga dengan metode homeschooling dapat menjadi cara yang tepat bagi para orang tua, jika anak tersebut sedang dalam mood yang sangat aktif, maka cara belajar pun akan dapat tersampaikan. Baca juga Vitamin untuk kecerdasan anak

Jadwal belajar dapat tersesuaikan dengan kebiasaan anak : Anak yang menderita ADHD mempunyai kebiasaan dalam memfokuskan diri hanya pada jam jam tertentu saja dalam setiap harinya, seperti misalnya hanya dipagi hari, atau siang hari dan bahkan di sore hari. Sehingga dengan metode homeschooling ini dapat memberikan kelebihan dan manfaat bagi orang tua sebagai momen pemberian materi yang perlu tingkat fokus lebih tinggi, maka dengan begitu, orangtua akan lebih leluasa dalam mengatur jadwal dan kebiasaan anak, agar lebih fokus saat melakukan pembelajaran.

Metode pembelajaran tersesuaikan dengan karakter anak : Jika karakter anak penderita ADHD memiliki kemampuan serta bakat dalam salah satu hal, seperti halnya lebih aktif dalam berbicara yang baik dan tertata, maka tentunya para orang tua akan dapat menyesuaikan kemampuan atau karakter anak itu sendiri dengan cara homeschooling ini untuk lebih sering mengajaknya berdiskusi.

Materi tersesuaikan dengan tingkat akademik anak : Sekolah formal atau umum tentunya akan menuntut muridnya untuk mempunyai kecepatan dalam hal apapun itu dengan teman-teman sekelasnya. Namun jika penderita ADHD termasuk di dalamnya, tentu kemampuannya akan sangat berbeda dibandingkan dengan yang lainnya, sehingga dengan adanya metode homeschooling ini dapat memberikan manfaat dalam menyesuaikan materi yang sesuai dengan kemampuan anak.

Memperkecil resiko terpecahnya konsentrasi anak : Anak yang menderita ADHD akan sangat mudah sekali teralihkan oleh sesuatu, baik itu tingkah laku maupun benda yang ada disekitarnya, sehingga anak tidak akan fokus dan akan sulit berkonsentrasi. Sehingga dengan metode homeschooling ini dapat terkondisi dengan situasi pembelajaran anak, dikarenakan lingkungan dirumah tentunya akan lebih terkontrol oleh para orang tua.

Baca juga artikel yang lainnya :

Comments are closed.